Beberapa Buah-Buahan Yang Mengandung Zat Gizi dan Non Gizi :

Beberapa Buah-Buahan Yang Mengandung Zat Gizi dan Non Gizi :

APEL : Selain vitamin C juga mengandungkarbohidrat dan pectin yang berfungsi sebagai serat. Juga mengandung quercetin yang sudah diteliti penelitian memiliki bahan antikanker dan antiradang.

STROBERI : Selain vitamin C juga mengandung ellagic acid sebagai antioksidan sebagai antikanker. Buah ini juga dipercaya sebagai pembersih sistem pencernaan karena memiliki zat anti bakteri.

PISANG : Vitamin B6 di dalam buah ini berperan untuk memproduksi hormone serotonin dalam otak sebagai zat antistres, mengurangi rasa saki, dan menekan nafsu makan. Sebagai obat tradisional, pisang digunakan untuk menyembuhkan bisul perut. Buah ini juga kaya akan karbohidrat dan potassium tapi sedikit karotin dan Vitamin C.

MELON : Sumber antioksidan berupa likopen dan karotenoid (melon merah dan oranye) yang berfungsi sebagai antikanker. juga mengandung vItamin C.

JERUK : Merupakan sumber Vitamin C dan folat namun termasuk buah rendah serat. Kandungan fitokimianya adalah hesperidin yang berfungsi sebagai antioksidan. Pectin juga terkandung di dalamnya dan berfungsi menurunkan tekanan darah.

MANGGA : Selain Vitamin C, mangga juga buah yang kaya karotenoid dan serat. Karotenoid di dalamnya bernama crytoxanthin yang diyakini dapat mencegah kanker usus dan kanker tulang tengkuk.

PLUM : Kandungan serat dan potasium pada buah ini cukup tinggi. Plum ini juga mengandung fitokimia bernama ferulic acid yang bisa menurunkan resiko kanker usus.

ANGGUR : Meski kandungan Vitamin C dan seratnya rendah, anggur memiliki kemampuan meningkatkan kesehatan jantung, mencegah kanker, antibakteri berkat kandungan antioksidan yang disebut resveratrol.

NANAS : Merupakan sumber Vitamin C dan serat. Selain itu, enzim bromelain yang dikandungnya berfungsi untuk mengurangi protein. Karena itu buah ini sering digunakan sebagai pelunak daging. Nanas juga dimanfaatkan untuk membantu pencernaan, mnguraikan pembekuan darah, dan mencegah sinusitis, dan infeksi saluran kecil.

Sumber : ( Healthylife, EDISI 04/VII.April 2008)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: