Apa yang Dimaksud dengan ”Asperger Disorder”?

Apa yang Dimaksud dengan ”Asperger Disorder”?

Asperger adalah salah satu variasi ringan dari ‘‘Autistic Disorder‘‘  dan keduanya masuk dalam kategori diagnosa yang lebih luas lagi yaitu di Eropa dengan istilah ‘‘Autistic Spectrum Disorder‘‘ dan di USA lebih dikenal dengan sebutan ‘‘Pervasive Developmental Disorders‘‘ (PDD) . Nama Asperger berasal dari seorang pediatris Hans Asperger  berkebangsaan Austria yang pertama kali  menjelaskan sindrom ini pada tahun 1944. Setelah karya tulisnya diterjemahkn dari bahasa Jerman kedalam bahasa Inggris pada tahun 1981 mulailah Asperger sindrom dikenal oleh banyak orang.
‘‘Asperger’s Disorders‘‘ bisa terlihat jelas pada anak-anak  yang tidak mampu bersosialisasi dan bersikap eksentris atau ‘aneh‘. Pada umumnya mereka tidak bisa berkomunikasi dua arah maupun berkomunikasi non-verbal dengan bahasa tubuh.Dalam berbahasa walau memakai tata bahasa yang baik, tetapi sering mengulang kata-kata yang sama dengan artikulasi yang tidak baik dan tanpa intonasi, sehingga terdengar kaku dan ‘aneh‘. Juga dalam melakukan kegiatan motorik kasar seperti berjalan, melempar dan menangkap bola, menggerakkan anggauta tubuh  sangat canggung dan terkesan kaku.
Hal-hal ‚aneh‘ pada  anak penderita Asperger sudah terlihat mulai dari usia 3 tahunan, karena mengalami kekacauan dalam perkembangannya, dia tidak mampu bersosialisai dengan anak lain, tidak bisa mengerti dengan perubahan rutinitas, dan ketika besar dia tidak bisa berbicara secara efektif, bertele-tele dan hanya tertarik pada satu topik pembicaraan tertentu saja, tidak peduli apakah orang lain mendengarkan atau tidak. Menurut penelitian lebih banyak anak laki-laki yang terkena sindrom Asperger ini daripada anak perempuan.

(Dari berbagai sumber,Dr.D.Pane/TK Pestalozzi,Cibubur,20 Agustus 2008)
Sumber : http://www.pestalozzi-indonesia.com/content/view/36/2/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: